Jumat, 14 Oktober 2016

Definisi Komunikasi,Dimensi Komunikasi,Pemahaman peran Psikologi Manajemen dalam Organisasi


Nama: Diah Ayu Setiarini
Kelas: 3PA02
NPM: 12514951

    A. Definisi Komunikasi
Istilah komunikasi berasal dari bahasa Latin, yaitu communis yang berarti “sama”. Istilah pertama (communis) adalah istilah yang paling sering sebagai asal usul komunikasi. Communico,communication atau Communicare berarti membuat sama (make to common). Jadi komunikasi dapat terjadi apabila adanya pemahaman yang sama antara penyampai pesan dan penerima pesan.
Menurut (Rakhmat,1998:1) Komunikasi merupakan suatu proses sosial yang sangat mendasar dan vital dalam kehidupan manusia. Dikatakan mendasar karena setiap masyarakat manusia,baik yang primitif maupun yang modern,berkeinginan mempertahankan suatu persetujuan mengenai berbagai aturan sosial melalui komunikasi dengan individu-individu lainnya sehingga meningkatkan kesempatan individu itu untuk tetap hidup.
Pakar komunikasi, Joseph A Devito mengemukakan komunikasi sebagai transaksi. Transaksi yang dimaksudkannya bahwa komunikasi merupakan suatu proses dimana komponen-komponennya saling terkait dan bahwa para komunikatornya beraksi dan bereaksi sebagai suatu kesatuan dan keseluruhan. Dalam setiap proses transaksi, setiap elemen berkaitan secara integral dengan elemen lain (Suprapto, 2006 : 5).
Menurut Colin Cherry, komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitkan balasannya.
Jadi, komunikasi adalah sebuah proses sosial yang sangat penting bagi kehidupan manusia yang terdiri dari komunikator dan digunakan untuk memberikan informasi kepada sesama untuk mencapai sebuah tujuan.
 
   B.  Dimensi-Dimensi Komunikasi
1.      Dimensi Isi
Dimensi ini menunjukkan secara verbal dan muatan (isi) pada komunikasi,yaitu apa yang dikatakan.
2.      Kebisingan
Tinggi rendahnya suara yang terengar dalam melakukan komunikasi.
3.      Jaringan
Sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukan komunikasi. Diantaranya ada komunikasi yang bergantung pada jaringan satelit
4.      Arah
Komunikasi terdiri dari 2 macam arah yaitu:
a.       Komunikasi satu arah adalah hanya ada satu orang berbicara menyampikan informasi untuk satu orang atau lebih. Contohnya: dosen yang sedang menerangkan dikelas
b.      Komunikasi dua arah adalah adanya interaksi antara satu orang menyampaikan informasi dengan satu orang yang lain atau lebih dan orang tersebut ikut berbicara sehingga tercipta interaksi untuk menyampaikan beberapa informasi.Contohnya: Sesi Tanya jawab dalam sebuah presentasi

   C. Pemahaman Peran Psikologi Manajemen dalam Organisasi
Psikologi manajemen sangat berguna dalam sebuah organisasi, dalam psikologi manajemen kita belajar apa itu organisasi, sumber daya manusia, dan kepemimpinan. Peran psikologi manajemen disini adalah untuk mengetahui bagaimana merekrut orang, membantu bagaimana menjadikan sumber daya manusia yang baik, mengerti bagaimana menjadi pemimpin yang baik, mengevaluasi kinerja karyawan dan ini sangat bagus untuk menjadi pedoman untuk sebuah organisasi.

Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Gramedia Wiasarana Indonesia, 2005
Abu, Ahmadi, Psikologi umum, Edisi Revisi 2009.
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032-RAHAYU_GININTASASI/Komunikasi.pdf
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20930/4/Chapter%20II.pdf 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar